Selamat Datang di Blog Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Muara Hurip
Jalan Petir Belakang Kantor PM No. 19 RT. 03 RW. 08 Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya 46114

Rabu, 22 April 2020

Pokdakan Muarakahuripan

0 comments
Pokdakan Muarakahuripan adalah kelompok pembudidaya ikan yang melakukan budidaya ikan air tawar diantaranya ikan gurame, ikan nila, ikan nilem, ikan mas dll.
Salah satu andalan produksi Pokdakan Muarakahuripan adalah ikan gurame, dimana ikan gurame memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan ikan konsumsi air tawar lainnya. oleh karena itu Pokdakan Muarakahuripan intens dalam melakukan budidaya ikan gurame mulai dari pemijahan sampai pendederan dilakukan kelompok dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar ikan air tawar khususnya ikan gurame.
Pemijahan ikan gurame biasanya berlangsung sore hari sekitar pukul 4-5 sore hari, setelah ikan gurame memijah maka segera angkat telur dari kolam dan lakukan penyortiran supaya telur yang jelek tidak mengkontaminasi telur yang bagus.
 


Pengangkatan Telur Gurame 

Setelah telur disortir kemudian ditampung dalam bak plastik/jolang, akuarium dll. Telur akan menetas berkisar 2 hari dan menjadi larva ikan gurame, selama proses penetasan buang telur-telur yang busuk setiap harinya.




Proses Penetasan Telur Ikan Gurame

Selama larva ikan memiliki kantung cadangan makanan larva ikan gurame tidak usah diberi pakan, setelah kantung cadangan makanan habis berkisar 10 – 12 hari setelah menetas baru larva ikan dikasih pakan alami seperti kutu air/cacing sutra. Pada umur berkisar 20 - 25 hari maka ikan gurame sudah mencapai ukuran seperti gambar di bawah. 




Proses Sortir Uk. Biji Timun


Pada umur 30 – 35 hari ikan sudah mencapai ukuran seperti gambar di bawah


Proses Sortir Uk. Oyong 



Setelah umur kurang lebih 4 bulan dari menetas ikan akan berukuran seperti gambar di bawah


Proses Sortir Uk. Jempol


Meskipun budidaya ikan gurame tergolong sangat lambat akan tetapi harga ikan gurame tetap stabil bahkan mengalami kenaikan setiap tahunnya itu dikarenakan ikan gurame memiliki peminat yang cukup banyak dibandingkan dengan produksinya. Oleh karena itu prospek usaha budidaya ikan gurame sangat layak untuk diusahakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar