Selamat Datang di Blog Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Muara Hurip
Jalan Petir Belakang Kantor PM No. 19 RT. 03 RW. 08 Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya 46114

Senin, 04 Mei 2020

Sejarah P4S Muarahurip

0 comments



Untuk mempersatukan keinginan para petani dalam melaksanakan kegiatan usaha taninya khususnya pada komoditi Pangan dan Horti, maka pada tahun 2015 terbentuklah kelembagaan kelompok tani dengan nama kelompok Taruna Tani ”MUARA HURIP” yang berkedudukan di Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.
Usaha tani yang dikelola oleh anggota kelompok Taruna Tani ”MUARA HURIP” dari tahun ketahun terus berkembang dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari bimbingan teknis para Penyuluh Pertanian, serta para petugas lingkup Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya.
Keinginan untuk terus maju disertai motivasi dan semangat yang tinggi dari para Pengurus Kelompok Tani yang sering mengikuti pelatihan-pelatihan, kunjungan dan studi banding di Pulau Jawa, maka pengurus kelompok tani semakin berbenah diri untuk memperluas dan mengembangkan usaha tani yang ditekuninya.
Berkat pengalaman panjang dari pengurus kelompok tani maka munculah ide/keinginan untuk mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan (P4S) karena sudah seringnya melakukan aktivitas proses belajar mengajar bagi petani dengan pendekatan permagangan.
Dengan semakin berkembangnya informasi dan teknologi maka semakin perlu adanya wadah untuk proses pembelajaran bagi petani secara formal. Atas dasar itulah maka pada bulan Mei 2019, diprakarsai untuk mendirikan P4S ”MUARA HURIP” dengan Akreditasi/Sertifikasi dari Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian BBPP Lembang Kementan RI Nomor : 2502/SM.050/1.13.2/09/2019 yang fokus pada pelatihan dan pemagangan dibidang Pangan serta Urban Farming.
Waktu terus berjalan manfaat dan keberadaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan (P4S) semakin dirasakan oleh para petani, kelompok tani, penyuluh pertanian bahkan dari pihak mahasiswa. Dengan mempertimbangkan fungsi dari P4S, yakni sebagai wadah pelatihan dan permagangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar