Selamat Datang di Blog Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Muara Hurip
Jalan Petir Belakang Kantor PM No. 19 RT. 03 RW. 08 Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya 46114

Minggu, 30 Agustus 2020

Cara Merubah Pola Pakan Ikan Gabus

0 comments

 

Seperti yang kita ketahui ikan gabus adalah ikan predator air tawar yang sangat merugikan bagi kalangan pembudidaya ikan, ikan ini dianggap sebagai musuh oleh sebagian kalangan petani ikan. Di Indonesia ikan ini bisa kita temui dengan mudah  seperti di danau, sungai, rawa, bahkan terkadang bisa ditemukan di areal pesawahan.

Dibalik sebagai musuh dikalangan pembudidaya ikan ternyata ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang cukup lumayan dan kaya akan manfaat karena ikan ini memiliki kandungan albumin yang tingi dimana senyawa ini dapat membantu dalam proses pembentukan sel-sel baru yang ada didalah tubuh kita yang telah rusak.

Dibeberapa daerah di Indonesia ikan gabus sudah mulai dilirik untuk dibudidayakan karena melihat prospek ekonomi yang sangat menggiurkan dan masih sedikitnya orang yang bisa membudidayakan ikan ini.

Disini saya coba mengulas bagaimana cara merubah pola pakan ikan gabus hasil tangkapan alam supaya dapat memakan pakan buatan/pelet, mari kita ulas satu persatu dibawah ini :

1.      Kita cari dan ambil anakan ikan gabus dari alam.

2.      Siapkan wadah seperti jolang/ember.

3.      Isi wadah tersebut ¼ bagian kemudian masukan ikan yang telah kita ambil dari alam.

4.      Ikan gabus kita treatment terlebih dahulu dengan menggunakan pakan alami sebaiknya cacing sutera.

5.      Setelah ikan mencapai kurleb 3 cm baru kita treatment kembali dengan menggunakan pakan buatan sedikit dahulu sesuai dengan bukaan mulut ikan gabus tersebut.

6.      Cek beberapa jam kemudian, apabila pakan sudah habis berarti ikan sudah bisa kita kasih pakan buatan untuk jadwal pakan selanjutnya.

7.      Usahakan air tetap jernih dan tenang.

Demikian ulasan mengenai cara merubah pola pakan ikan gabus hasil tangkapan dari alam supaya dapat memakan pakan buatan/pelet. Semoga bermanfaat !!!!

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar