Selamat Datang di Blog Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Muara Hurip
Jalan Petir Belakang Kantor PM No. 19 RT. 03 RW. 08 Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya 46114

Senin, 18 Mei 2020

Trichomposter

0 comments



Trichomposter adalah pupuk kompos yang mengandung bakteri sekaligus spora jamur seperti : bakteri bacillus sp, pseudomonas fluorescens, genus lactobacillus dll dan juga mengandung jamur fermentasi (actinomycetes) serta mengandung hifa jamur penghambat penyakit seperti penyakit rigdiforus lignosus (penyakit jamur busuk akar), fusarium oxysporum (penyakit busuk batang), rizoctonia solani (penyakit busuk pelepah), fusarium monilifome (penyakit layu fusarium)
Cara pembuatan trichomposter dan bahan – bahannya :

1.      Tanah yang berasal dari bawah pohon bambu sebanyak 3 bagian
2.      Kotoran hewan (KOHE kambing, sapi, ayam dll) lebih bagus kotoran bebek sebanyak 1 bagian
3.      Sekam bakar (arang sekam) 1 bagian bisa dicampur dengan cangkang kulit kopi kering jika ada.
4.      EM4 (efectif microorganism 4) pertanian 1 liter cukup untuk pembuatan kompos sebanyak 5 kuintal.
5.      Trichoderma sebanyak 500 gram cukup untuk pembuatan kompos sebanyak 5 kuintal kompos.
6.      Molase/ gula merah 1 kg cairkan dengan cara direbus dengan 1 liter air atau lebih
Caranya ambil tanah  yang di bawah pohon bambu sebanyak yang diperlukan misal 3 kuintal, siapkan kohe 1 kuintal, arang sekam 1 kuintal lalu campur dan aduk hingga rata serta ratakan permukaannya. Setelah rata siram media dengan air yang sudah dicampur dengan EM4 + gula / molase hingga rata, lalu aduk lagi dan tutup pakai plastik/ terpal selama 1 minggu.
Setelah satu minggu buka penutup media aduk secara merata, setelah rata siram media dengan trichoderma yang sudah dicampur air + gula/ molase secara merata hingga lembab, setelah di siram aduk kembali media sampai tercampur secara merata kemudian tutup kembali dan fermentasi selama 1 bulan jangan lupa aduk media fermentasi seminggu sekali. Setelah 1 bulan trichomposter pun sudah jadi dan bisa langsung di pakai untuk pupuk pada tanaman kita.
Keunggulan kompos ini selain kaya akan nutrisi atau unsur hara makro dan mikro juga kaya akan bakteri pencegah jamur patogen perusak tanaman.

Sumber : Khumasa Saka (WP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar