Selamat Datang di Blog Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Muara Hurip
Jalan Petir Belakang Kantor PM No. 19 RT. 03 RW. 08 Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya 46114

Jumat, 15 November 2019

Pendahuluan

0 comments


Pengembangan SDM pertanian di Indonesia saat ini ditantang untuk lebih efektif dan lebih responsive terhadap kebutuhan petani/masyarakat tani dan keluarganya. Masalah yang dihadapi dalam mengembangkan pertanian adalah rendahnya SDM petani, karena tingkat pendidikan petani rendah (rata-rata berpendidikan SD) disamping keadaan sosial ekonomi masyarakat yang rendah.
Program peningkatan kesejahteraan petani bertujuan untuk memfasilitasi peningkatan petani melalui pemberdayaan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) petani dan perlindungan terhadap petani serta meningkatkan kapasitas, posisi tawar dan akses pasar.
Untuk mempercepat proses penguatan kemampuan petani, maka diperlukan lembaga pendidikan dan pelatihan yang dikelola dan dimiliki langsung oleh petani. Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah sebagai salah satu lembaga masyarakat milik petani yang secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yaitu petani dan masyarakat tani. P4S adalah perwujudan kemandirian dibidang pelatihan pertanian, yang merupakan salah satu bentuk nyata partisipasi aktif petani dalam mempercepat proses peningkatan jiwa kewirausahaan agribisnis melalui penyebaran informasi dan teknologi, khususnya dalam pembangunan pertanian dan Perdesaan melalui permagangan. Oleh karena itu, P4S perlu dikembangkan secara terus menerus sehingga menjadi kelembagaaan yang kuat dan mandiri.
Keberadaan P4S “MUARA HURIP” merupakan salah satu alternatif dan solutif dalam mengatasi masalah permasalah rendahnya SDM petani di Kota Tasikmalaya Khususnya dan Provinsi Jawa Barat Umumnya.

Tidak ada komentar: